Good Governance, sejauh mana?

8 Feb

Tata Kelola Pemerintahan yang Baik (good governance) memiliki 8 karakteristik utama. Yaitu partisipatif, berorientasi konsensus, akuntabel, transparan, responsif, efektif dan efisien, adil dan inklusif dan mengikuti aturan hukum. Menjamin bahwa korupsi diminimalkan, pandangan kaum minoritas diperhitungkan dan suara-suara yang paling rentan dalam masyarakat didengar dalam pengambilan keputusan. Hal ini juga responsif terhadap kebutuhan sekarang dan masa depan masyarakat.

Partisipatif
Partisipasi oleh pria dan wanita merupakan landasan utama pemerintahan yang baik. Partisipasi bisa berupa langsung atau melalui lembaga perantara yang sah atau perwakilan. Penting untuk diperhatikan bahwa demokrasi perwakilan berarti bahwa kekhawatiran terhadap hal paling rentan dalam masyarakat akan dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Partisipasi perlu diinformasikan dan terorganisir. Ini berarti kebebasan berserikat dan berekspresi di satu sisi dan masyarakat sipil yang terorganisir di sisi lain.

Aturan Hukum
Good governance memerlukan kerangka hukum yang adil yang dilaksanakan secara adil. Hal ini juga memerlukan perlindungan penuh hak asasi manusia, terutama yang minoritas. Penegakan hukum yang berimbang tentang membutuhkan pengadilan yang independen dan polisi tidak memihak dan tidak korup.

Transparansi
Transparansi berarti bahwa keputusan yang diambil dan penegakannya dilakukan dengan cara yang mengikuti aturan dan peraturan. Ini juga berarti bahwa informasi tersedia secara bebas dan langsung diakses oleh mereka yang akan dipengaruhi oleh keputusan tersebut dan penegakannya. Ini juga berarti bahwa informasi yang cukup disediakan dan bahwa itu diberikan dalam bentuk dan media yang mudah dimengerti.

Responsif
Good governance mensyaratkan bahwa lembaga-lembaga dan proses kegiatan berusaha melayani semua stakeholder dalam jangka waktu yang wajar.

Berorientasi konsensus
Ada beberapa pelaku dan banyak sudut pandang  dalam suatu masyarakat. Good governance memerlukan mediasi dari kepentingan yang berbeda dalam masyarakat untuk mencapai konsensus yang luas dalam masyarakat tentang apa yang ada dalam kepentingan terbaik dari seluruh masyarakat dan bagaimana hal ini dapat dicapai. Hal ini juga memerlukan perspektif yang luas dan jangka panjang tentang apa yang dibutuhkan untuk pembangunan manusia yang berkelanjutan dan bagaimana untuk mencapai tujuan pembangunan tersebut. Hal ini hanya dapat diperoleh dari  hasil dari pemahaman tentang konteks historis, budaya dan sosial dari masyarakat atau komunitas.

Ekuitas dan inklusivitas
Keberadaan suatu masyarakat tergantung pada kemampuannya memastikan bahwa semua anggotanya merasa mereka memiliki kepentingan di dalamnya dan tidak merasa dikecualikan dari bahagian terbesar masyarakat. Hal ini memerlukan semua kelompok, tetapi terutama yang paling rentan, memiliki peluang untuk memperbaiki atau mempertahankan keberadaan mereka.

Efektivitas dan efisiensi
Good governance berarti bahwa semua kegiatan dan lembaga memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sementara di sisi lain juga memanfaatkan sebaik-baiknya  sumber daya yang mereka miliki. Konsep efisiensi dalam konteks good governance juga mencakup pemanfaatan berkelanjutan sumber daya alam dan perlindungan lingkungan.

Akuntabilitas
Akuntabilitas merupakan persyaratan utama dari pemerintahan yang baik. Tidak hanya lembaga pemerintah tetapi juga sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil harus bertanggung jawab kepada publik dan stakeholder kelembagaan mereka. Siapa yang bertanggung jawab kepada siapa bervariasi tergantung pada apakah keputusan atau tindakan yang diambil bersifat internal atau eksternal bagi suatu organisasi atau lembaga. Secara umum suatu organisasi atau institusi bertanggung jawab kepada mereka yang akan terpengaruh oleh keputusan atau tindakan. Akuntabilitas tidak dapat ditegakkan tanpa transparansi dan aturan hukum.

Bagaimana dengan kita? sudah sejauh mana?

(diambil dari situs http://www.unescap.org; What is Good Governance?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: