Kasus Prita

5 Jun

akhir-akhir ini, selain isu pilpres ada dua berita yang menurut saya menyita perhatian publik. yang pertama adalah kasus manohara, model cantik asal indonesia yang bermasalah dengan pernikahannya bersama pangeran kelantan. kedua adalah kasus ditahannya seorang ibu bernama prita karena mengirim email yang isinya keluhan tentang pelayanan kesehatan yang diterima dari sebuah rumah sakit.

namun dibandingkan kisah manohara yang lebih mirip sinetron, saya lebih tertarik dengan kasus ibu prita. selaku orang yang kadang-kadang menulis uneg-uneg di dunia maya, hal ini menjadi perhatian saya juga. jangan-jangan saya bisa terkena masalah yang sama yang dialami oleh ibu prita. pertanyaannya, apakah dengan mengirim email, atau menulis opini di media, baik milis, blog, situs, surat kabar yang mungkin tidak menyenangkan pihak lain dikategorikan perbuatan melanggar hukum? bahkan melanggar UU ITE?

wow, kaya’nya kasus ibu ini memang musti mendapat perhatian serius dari pemerintah dan pengadilan karena dapat menjadi rujukan bagi -siapa tahu ada- kasus serupa di masa depan. mudah-mudahan kasus ini dapat diselesaikan dengan arif dan adil oleh pihak pengadil. tentu dengan menggunakan dalil hukum yang benar sehingga masyarakat termasuk saya dapat mendapat pelajaran dan pengetahuan juga, apakah yang ibu prita lakukan termasuk hak untuk mengeluarkan pendapat yang dijamin oleh UUD kita ataukah memang melanggar hukum seperti yang didakwakan terhadap beliau.

namun terlepas dari semuanya itu, apakah karena mengirim email lantas seseorang layak diganjar dengan hukuman penjara?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: